Lanjut ke konten

JENIS BATIK DAN DAERAHNYA DI INDONESIA

September 28, 2012

JENIS JENIS BATIK DAERAH NUSANTARA

Nama : Dian Sundari

Kelas :

Bid. Studi :

WARNET SEKOLAHAN

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,karena berkat rahmat dan  karunia-Nya kami dapat menyelesaikantugas makalah ini. Kami juga bersyukur atas berkat rezeki dankesehatan yang diberikan kepada kami sehingga kami dapat mengumpulkan bahan – bahan materi makalah ini dari internet. Kami telah berusaha semampu kami untuk mengumpulkan berbagai macambahan tentang Kesenian Daerah ini.

Kami sadar bahwa makalah yang kami buat ini masih jauh darisempurna, karena itu kami mengharapkan saran dan kritik yangmembangun untuk menyempurnakan makalah ini menjadi lebih baiklagi. Oleh karena itu kami mohon bantuan dari para pembaca,

Demikianlah makalah ini kami buat, apabila ada kesalahandalam penulisan, kami mohon maaf yang sebesarnya dan sebelumnyakami mengucapkan terima kasih.

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR………………………………………………. ii

DAFTAR ISI …………………………………………………………… iii

  1. 1.      JENIS JENIS BATIK NUSANTARA
  2. Batik Cirebon …………………………………………………. 1
  3. Batik Pekalongan ……………………………………………. 1
  4. Batik Indramayu …………………………………………….. 2
  5. Batik Betawi ………………………………………………….. 2
  6. Batik Rembang ……………………………………………….. 3
  7. Batik Surakarta ……………………………………………….. 3
  8. Batik Purworejo ……………………………………………… 4
  9. Batik Batak ……………………………………………………. 4
  10. Batik Nias ………………………………………………………. 5
  11. Batik Papua…………………………………………………….. 5

JENIS JENIS BATIK NUSANTARA

 

Batik Cirebon

Batik ini dimaukkan ke dalam kategori batik pesisir karena batik ini tumbuh dan berkembang malaui jalur pesisir utara Pulau Jawa. Motif yang paling terkenal adalah motif Awan Mega Mendung karena batik ini merupakan lambang khas kota Cirebon.

Batik Pekalongan

Batik ini memang batik terpopuler di antara batik yang lainnya karena daerah Pekalongan merupakan daerah penghasil batik terbesar di Indonesia. teknik batik yang diproduksikan ada tiga jenis, yaitu batik tulis, batik cap, batik dicetak mesin.

Batik Indramayu

Batik Indramayu merupakan perpaduan antara budaya Sunda dan Jawa. Batik daerah ini dinamakan batik Dermayon yang sebagian besar mengisahkan kekayaan laut daerahnya. Batik Indramayu memiliki pengaruh dari Tiongkok yang terdapat pada motif Liong, Lokchan.

Batik Betawi

Corak batik Betawi kebanyakan berupa motif Lokchan, Buketan, dan Pucuk Rebung. Warna-warna yang terlihat pada batik Betawi, seperti merah, jingga, hijau, dan terakota.

Batik Rembang

Batik Rembang banyak dipengaruhi oleh budaya Jawa, Arab, Cina, India, dan Eropa. Ciri khas dari batik ini terletak pada warna merah darah ayam. Yang bermakna dorongan untuk melahirkan jenis batik baru yang disebut batik Tiga Negeri.

Batik Surakarta

Motif batik ini terinspirasi dari motif klasik Mataram, dan memberikan goresan warna yang berbeda. Ciri khas batik ini berwarna kuning, yang digunakan dalam upacara-upacara keraton Solo.

Batik Purworejo

Motif yang paling populer ialah motif lambang yang dipakai menghiasi candi-candi kuno, seperti Melati Contong sedangkan pada motif klasiknya, seperti Sri Rama, Semen.

Batik Batak

Batik Batak atau Gorga  adalah kreasi dengan menampilkan gorga tersebut sebagai motif batik. Bahan dasarnya adalah Sutra(silk), yang dibuat dengan alat tenun mesin dan katun(catton) yang dibuat dengan alat tenun bukan mesin.

Batik Nias

Perbedaan dari masing-masing kabupaten terlihat dari warnanya. “ Pakaian adat dari Nias Utara dan Nias Induk didominasi oleh warna merah dan hitam. Sedang kalo dari Nias Selatan warnanya merah dan kuning

Batik Papua

Papua juga memiliki batik dengan motif-motifnya yang khas dan banyak diminati lokal maupun mancanegara. Dibandingkan dengan corak batik dari daerah lainnya di Jawa, batik Papua memiliki perbedaan corak yang cukup mencolok. Batik dari daerah ini cenderung lebih gelap namun banyak memiliki motif yang terdiri dari gambaran patung.

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: